Panduan membuat email di Gmail
img_logo_gmail_email_from_googleEmail, siapa yg tidak tahu (hayo ngaku!!). Sepertinya bagi peselancar internet hal ini termasuk hal wajib yang harus dikuasai. Apa sebab? Selain untuk saling berkirim kabar, ternyata email sering di gunakan untuk banyak hal lain. Misalnya saja, untuk syarat melamar kerja, daftar facebook, bikin blog di wordpress atau blogspot, beli software, keanggotaan forum, langganan artikel, dll, terlalu banyak jika di sebut semua ;).
Sebenarnya membuat akun email sangatlah mudah (bagi yang sudah biasa), tapi tidak untuk newbie seperti kita-kita, betul tidak? Artikel ini bersifat tutorial, untuk membuat email step by step.
Untuk layanan email yang kita bahas kali ini adalah Gmail, sebuah layanan email gratis dari Google, salah satu raksasa perusahaan internet dunia. Selain Gmail, banyak layanan email (gratis) lain, seperti Yahoo, Hotmail, AOL, Lycos, Live, dll.
Kenapa Gmail? Pertama tentu, gratis, siapa sih yang tidak suka gretongan. Tapi hal ini di anut juga oleh layanan email lain kok, mereka beri kita space gratis untuk simpan email-email kita. Gmail sendiri beri kita ±7GB, jadi kita tidak harus sering-sering hapus email lama kita, arsipkan saja..
Yang paling saya suka dari Gmail adalah kecepatannya, apalagi akses internet di rumah yang pas-pasan. Pertama, mungkin karena Gmail tidak penuh dengan iklan atau portal, seperti beberapa layanan email lain. Kedua, ada opsi untuk menggunakan HTML dasar untuk akses lambat. Selain itu, saya suka dengan tool webmaster Google yang tersambung dengan Gmail.
Oke lah kalo begitu.. kita langsung saja untuk daftar Gmail kita, sudah tidak sabar mau buat email baru.
(1). Silahkan buka Tab atau Window baru, ketik “gmail.com” di addressbar, atau klik link ini aja deh » http://gmail.com. Welcome to Gmail !
img_daftar_gmail_email_from_google(2). Di kanan bawah halaman, klik pada “Create an account »”
(3). Halaman selanjutnya, adalah halaman isian data Anda. Jika bahasa yang tampil belum sesuai dengan bahasa Anda, silahkan pilih pilih bahasa di sudut kanan atas halaman
(4). Halaman yang sama, mari mulai isi data-data Anda
» Nama Depan: tentu nama depan Anda, misal saya Wely
» Nama Belakang: nama belakang Anda, misal saya Hariyanto, bagi yang tidak punya isi saja dengan titik “.” karena isian ini wajib lho..
» Nama Login Yang Diinginkan: ini dia nama/akun email kita nanti, misal saya isi welyweb, maka nanti alamat email saya adalah welyweb@gmail.com. Anda harus masukkan nama dengan minimal 6 (enam) karakter huruf dan atau angka. Setelah isi data ini silahkan klik “cek ketersediaan!”, jika tidak ada silahkan ulangi dengan nama yang lain
» Buat sandi: masukkan sandi/kata kunci/password Anda
» Masukkan kembali sandi: ulangi masukkan sandi di atas, harus sama
» Tetap masuk & Aktifkan Riwayat Web: Jika Anda di warnet sebaiknya hilangkan tanda centang untuk keduanya
» Pertanyaan Rahasia: siapa sih yang tidak punya rahasia ;) pertanyaan ini untuk antisipasi jika Anda lupa password kelak, maka pertanyaan ini yang akan diajukan. Silahkan klik “Pilih pertanyaan” dan pilih pertanyaan yang paling sesuai dengan Anda
» Jawaban: nah ini untuk isian jawaban dari pertanyaan di atas
» Email sekunder: jika Anda punya email lain, silahkan masukkan disini, sangat membantu jika lupa password, atau untuk redirecting, jika tidak punya, boleh dikosongkan
» Verifikasi Kata: masukkan kata-kata pada gambar captcha ke dalam isian di bawahnya, jika kata tersebut tidak jelas, silahkan refresh browser Anda dengan klik tombol reload pada toolbar, atau tekan F5 pada keyboard Anda
» Persyaratan Layanan: silahkan jika Anda mau baca semua :), ini berisi persyaratan layanan
» Terakhir, silahkan klik “Saya menerima. Buat akunku.”
(5). Halaman selanjutnya, jika tadi Anda memasukkan email sekunder, maka Anda harus buka email tersebut untuk verifikasi email ini. Jika tidak, maka halaman ini yang tampil. Silahkan pilih negara Anda, lalu masukkan nomor HP, agar Gmail bisa kirimkan SMS kode verifikasi ke HP Anda. Masukan dengan format bebas, misal 085710468920. Sekedar tips, saya pernah masukkan nomor CDMA, dan hasilnya kode tersebut tidak saya terima di inbox HP saya. lalu saya masukan nomor GSM, dan SMS kode langsung masuk.
img_verifikasi_gmail_email_from_google_tutorial_online(6). Halaman selanjutnya, sudah ada SMS di inbox HP? masukkan kode tersebut ke isian yang ada, lalu klik “Verifikasi”. Jika belum ada SMS, Anda bisa coba lagi dengan klik teks “coba kirim ulang”
(7). Selamat! Anda telah mendaftar ke Gmail! Berikut ini info sekilas yang dapat dibaca sebelum memakai Gmail. Jika Anda ingin langsung masuk ke Gmail Anda, tombol “Tunjukkan akun saya »”
(8). Sudah tampil? jika akses internet Anda lambat, silahkan klik opsi nomor 3 yaitu gunakan HTML dasar. Nah ini dia halaman Gmail Anda. Ada 3 buah email dari Team Gmail di inbox email Anda
Sekali lagi selamat, sekarang Anda sudah punya 1 email baru,
Senin, 22 Maret 2010
Cara Membuat E-mail di Yahoo! Mail
Cara Membuat E-mail di Yahoo! Mail
1. Akses alamat http://mail.yahoo.com
2. Klik link Sign Up di bawah tulisan Don’t have a Yahoo! ID?
3. Isi identitas diri anda dengan lengkap:
Ketik identitas diri anda di Tell us about yourself.
4. Di Select an ID and password, ketikkan alamat email yang anda inginkan lalu cek ketersediaannya (availability) lalu ketikkan password yang anda inginkan dua kali di dua kolom berbeda yang tersedia.
Di In case you forget your ID or password…, ketikkan alternate email (alamat email lain yang anda miliki. kosongkan saja jika anda tidak punya, lalu pilih security question -pertanyaan keamanan- yang anda suka dan isi jawabannya. Pertanyaan ini akan dipakai ketika anda lupa password account anda.
Di couple more details, liat gambar captcha dan ketikkan apa yang di tampilkan oleh gambar tersebut. Captcha adalah sistem untuk memastikan bahwa yang mendaftar adalah manusia.
5. Sudah beres? Klik Create My Account
6. Setelah klik Create My Account, anda akan di bawa ke halaman Congratulations! yang isinya menyatakan bahwa proses pembuatan email anda berhasil. Jika anda tidak dibawa ke halaman congratulations, berarti proses pembuatan email anda gagal. Cek kembali informasi yang anda inputkan. Biasanya ada masalah disitu.
7. Sekarang, klik Continue yang berada di bawah tulisan Ready to experience Yahoo!? – Anda akan di bawa ke halaman utama Yahoo.com dalam keadaan sudah signed in. Sekarang, klik link Mail di bagian sebelah kanan layar.
8. Yay! anda sudah masuk ke account Yahoo! Mail anda. Karena ini saat pertama anda masuk ke account yahoo! mail anda, satu pop-up yang bertujuan menunjukan fitur-fitur Yahoo! Mail muncul. Klik Continue.
9. Lalu Next
10. Klik Next lagi.
11. Lalu Klik Next lagi.
12. Sekarang, Klik Get Started.
13. Voila! Anda sudah masuk ke account Yahoo! Mail anda sekarang. Anda bisa mengirim email dengan meng-klik tombol New.
14. Yak, panduan ini membuat email ini selesai. Ingat untuk selalu menekan link Sign Out di bagian atas jika anda hendak meninggalkan halaman ini.
1. Akses alamat http://mail.yahoo.com
2. Klik link Sign Up di bawah tulisan Don’t have a Yahoo! ID?
3. Isi identitas diri anda dengan lengkap:
Ketik identitas diri anda di Tell us about yourself.
4. Di Select an ID and password, ketikkan alamat email yang anda inginkan lalu cek ketersediaannya (availability) lalu ketikkan password yang anda inginkan dua kali di dua kolom berbeda yang tersedia.
Di In case you forget your ID or password…, ketikkan alternate email (alamat email lain yang anda miliki. kosongkan saja jika anda tidak punya, lalu pilih security question -pertanyaan keamanan- yang anda suka dan isi jawabannya. Pertanyaan ini akan dipakai ketika anda lupa password account anda.
Di couple more details, liat gambar captcha dan ketikkan apa yang di tampilkan oleh gambar tersebut. Captcha adalah sistem untuk memastikan bahwa yang mendaftar adalah manusia.
5. Sudah beres? Klik Create My Account
6. Setelah klik Create My Account, anda akan di bawa ke halaman Congratulations! yang isinya menyatakan bahwa proses pembuatan email anda berhasil. Jika anda tidak dibawa ke halaman congratulations, berarti proses pembuatan email anda gagal. Cek kembali informasi yang anda inputkan. Biasanya ada masalah disitu.
7. Sekarang, klik Continue yang berada di bawah tulisan Ready to experience Yahoo!? – Anda akan di bawa ke halaman utama Yahoo.com dalam keadaan sudah signed in. Sekarang, klik link Mail di bagian sebelah kanan layar.
8. Yay! anda sudah masuk ke account Yahoo! Mail anda. Karena ini saat pertama anda masuk ke account yahoo! mail anda, satu pop-up yang bertujuan menunjukan fitur-fitur Yahoo! Mail muncul. Klik Continue.
9. Lalu Next
10. Klik Next lagi.
11. Lalu Klik Next lagi.
12. Sekarang, Klik Get Started.
13. Voila! Anda sudah masuk ke account Yahoo! Mail anda sekarang. Anda bisa mengirim email dengan meng-klik tombol New.
14. Yak, panduan ini membuat email ini selesai. Ingat untuk selalu menekan link Sign Out di bagian atas jika anda hendak meninggalkan halaman ini.
RUMUS DAN FUNGSI
RUMUS DAN FUNGSI
Microsoft Excel dapat digunakan untuk berbagai kalkulasi data, baik menggunakan rumus atau fungsi. Penulisannya selalu diawali dengan tanda sama dengan (=). Operator matematika yang dapat digunakan untuk membangun suatu rumus adalah + (plus), - (minus), *(star/perkalian), / (pembangian. Operator pembangding yang diguakan adalah < (kurang dari), <= (kurang dari atau sama dengan), > (lebih dari), >= (lebih dari atau sama dengan), <> (tidak sama dengan), dan = (sama dengan)
1. Menggunakan rumus
Rumus dalam Microsoft Excel sangatlah bervariasi. Secara umum, langkah memasukkan rumus dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut:
a. Aktifkan sel dalam tempat rumus akan dimasukkanKetik tanda sama dengan (=) untuk mengawali penulisan rumus.
b. Ketik rumus yang diinginkan
c. Tekan tombol enter pada keyboard
2. Menggunakan fungsi
Fungsi-fungsi dalam Microsoft Excel dikelompokkan menjadi beberapa kategori, seperti fungsi data base (data base function), tanggal dan waktu (date and time), dan fungsi eksternal (external). Sebagai contoh, dalam kategori fungsi matematika dan trigonometri (math and trigonometri) terdapat fungsi SUM (untuk menjumlah serangkaian data), Abs (untuk menentukan harga mutlak/absolut dari nilai numerik), dan Int (untuk membulatkan pecahan dengan pembulatan ke bawah).
Untuk mengabjad isi tabel
1. Klik menu data
2. Klik Sort
3. Tentukan kolom yang mau diabjad di kotak Sort By
4. Klik Ascending untuk mengabjad dari A-Z / angka terkecil ke angka terbesar
5. Klik Descending untuk mengabjad dari Z-A / angka terbesar ke terkecil
6. Klik OK
Cara untuk memudahkan mengetahui isi tabel
1. Klik menu data
2. Klik Filter
3. Klik Auto filter
Cara mencetak ulang Judul tabel pada halaman ke dua dan seterusnya
1. Klik menu file
2. Klik page setup
3. Klik Sheet
4. Klik kotak Rows to Repeat at Top
5. Klik baris (row) yang akan dicetak ulang
6. Klik OK
Microsoft Excel dapat digunakan untuk berbagai kalkulasi data, baik menggunakan rumus atau fungsi. Penulisannya selalu diawali dengan tanda sama dengan (=). Operator matematika yang dapat digunakan untuk membangun suatu rumus adalah + (plus), - (minus), *(star/perkalian), / (pembangian. Operator pembangding yang diguakan adalah < (kurang dari), <= (kurang dari atau sama dengan), > (lebih dari), >= (lebih dari atau sama dengan), <> (tidak sama dengan), dan = (sama dengan)
1. Menggunakan rumus
Rumus dalam Microsoft Excel sangatlah bervariasi. Secara umum, langkah memasukkan rumus dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut:
a. Aktifkan sel dalam tempat rumus akan dimasukkanKetik tanda sama dengan (=) untuk mengawali penulisan rumus.
b. Ketik rumus yang diinginkan
c. Tekan tombol enter pada keyboard
2. Menggunakan fungsi
Fungsi-fungsi dalam Microsoft Excel dikelompokkan menjadi beberapa kategori, seperti fungsi data base (data base function), tanggal dan waktu (date and time), dan fungsi eksternal (external). Sebagai contoh, dalam kategori fungsi matematika dan trigonometri (math and trigonometri) terdapat fungsi SUM (untuk menjumlah serangkaian data), Abs (untuk menentukan harga mutlak/absolut dari nilai numerik), dan Int (untuk membulatkan pecahan dengan pembulatan ke bawah).
Untuk mengabjad isi tabel
1. Klik menu data
2. Klik Sort
3. Tentukan kolom yang mau diabjad di kotak Sort By
4. Klik Ascending untuk mengabjad dari A-Z / angka terkecil ke angka terbesar
5. Klik Descending untuk mengabjad dari Z-A / angka terbesar ke terkecil
6. Klik OK
Cara untuk memudahkan mengetahui isi tabel
1. Klik menu data
2. Klik Filter
3. Klik Auto filter
Cara mencetak ulang Judul tabel pada halaman ke dua dan seterusnya
1. Klik menu file
2. Klik page setup
3. Klik Sheet
4. Klik kotak Rows to Repeat at Top
5. Klik baris (row) yang akan dicetak ulang
6. Klik OK
CARA MEMBERI KOMA (,) , PERSEN (%) DAN DUA NOL SETELAH ANGKA (.00)
CARA MEMBERI KOMA (,) , PERSEN (%) DAN DUA NOL SETELAH ANGKA (.00)
1. Blok angka yang akan diberi koma atau persen
2. Klik menu format
3. Klik style
4. Klik kotak style name
5. Klik Comma (0) untuk memberi koma.
Klik Comma untuk memberi dua nol setelah angka
Klik Percent untuk memberi persen
6. Klik OK
1. Blok angka yang akan diberi koma atau persen
2. Klik menu format
3. Klik style
4. Klik kotak style name
5. Klik Comma (0) untuk memberi koma.
Klik Comma untuk memberi dua nol setelah angka
Klik Percent untuk memberi persen
6. Klik OK
CARA MEMBERI LAMBANG/SYMBOL UANG (Rp) PADA ANGKA
CARA MEMBERI LAMBANG/SYMBOL UANG (Rp) PADA ANGKA
1. Blok angka yang akan diberi lambang
2. Klik menu format
3. Klik Cell
4. Klik Number
5. Klik Accounting
6. Klik kotak symbol dan cari lambang Rp Indonesian
7. Klik OK
1. Blok angka yang akan diberi lambang
2. Klik menu format
3. Klik Cell
4. Klik Number
5. Klik Accounting
6. Klik kotak symbol dan cari lambang Rp Indonesian
7. Klik OK
MEMINDAH ATAU MENYALIN ISI SEL
MEMINDAH ATAU MENYALIN ISI SEL
Memindah atau menyalin isi sel merupakan hal penting dalam pengolahan data karena sangat mempercepat proses kerja. Proses ini dapat dilakukan dalam worksheet yang sama, antar-worksheet, atau antar – workbook.
1. Pilihlah sel yang akan dipindah/disalin
2. Kliklah Cut untuk memindah atau Copy untuk menyalin
3. Pindah ke sel tujuan, bisa dalam satu worksheet yang sama, antar worksheet yang berbeda, atau antar work book.
4. Kliklah menu edit dan pilih paste
Setelah mememilih paste makan akan muncul pilihan berikut ini:
• Formula, pilihan untuk menyalin hanya rumus dari suatu sel atau range
• Value, pilihan untuk hanya menyalin nilai hasil dari suatu perhitungan rumus dari suatu sel atau range
• No borders, pilihan untuk menyalin semua isi sel berikut format yang dimilikinya tanpa menyertakan format border (garis bingkai) yang dimiliki oleh sel atau range tersebut.
• Transpose, pilihan untuk menyalin sel dengan memutar kolom menjadi baris dan sebaliknya.
• Paste link, pilihan untuk menyalin sel dengan membuat relasi antara data yang disalin dengan hasil yang disalin
• Paste special, menyalin sel dengan beberapa pilihan tertentu.
Adapun pilihan-pilihan yang terdapat pada kotak dialog paste special adalah sebagai berikut:
1. Bagian Paste
a. All, piihan untuk menyalin isi sel atau range berikut format yang dimilikinya.
b. Formulas, pilihan yang menyalin hanya rumus sel seperti yang tertulis pada bagian formula bar
c. Values, pilihan untuk menyalin hanya nilai hasil dari suatu perhitungan rumus dari suatu sel atau range
d. Formats, pilihan untuk menyalin hanya format yang dimiliki suatu sel atau range
e. Comments, pilihan untuk menyalin hanya komentar yang dimiliki suatu sel atau range.
f. Validation, pilihan untuk menyalin hanya aturan validasi data yang dimiliki suatu sel atau range
g. All except borders, pilihan untuk menyalin semua isi sel berikut format yang dimilikinya, tetapi tanpa menyertakan format border.
h. Column widh, menyalin hanya lebar kolomnya saja.
i. Formulas and Number Format, pilihan untuk menyalin rumus dan format
j. Values and Number Format, pilihan untuk menyalin nilai sekaligus formatnya.
2. Bagian Operasional
a. None, untuk menyatakan proses penyalinan tanpa melakukan operasional matematika
b. Add, untuk menyatakan proses penyalinan yang disertai dengan operasi penjumlahan data angka dalam sel atau range
c. Substact, untuk menyatakan proses penyalinan yang disertai dengan operasi pengurangan data angka dalam sel atau range.
d. Multiply, untuk menyatakan proses penyalinan yang disertai dengan operasi perkalian data angka dalam sel atau range.
e. Divide, untuk menyatakan proses penyalinan yang disertai dengan opoerasi pembagian data angka dalam sel atau range.
Memindah atau menyalin isi sel merupakan hal penting dalam pengolahan data karena sangat mempercepat proses kerja. Proses ini dapat dilakukan dalam worksheet yang sama, antar-worksheet, atau antar – workbook.
1. Pilihlah sel yang akan dipindah/disalin
2. Kliklah Cut untuk memindah atau Copy untuk menyalin
3. Pindah ke sel tujuan, bisa dalam satu worksheet yang sama, antar worksheet yang berbeda, atau antar work book.
4. Kliklah menu edit dan pilih paste
Setelah mememilih paste makan akan muncul pilihan berikut ini:
• Formula, pilihan untuk menyalin hanya rumus dari suatu sel atau range
• Value, pilihan untuk hanya menyalin nilai hasil dari suatu perhitungan rumus dari suatu sel atau range
• No borders, pilihan untuk menyalin semua isi sel berikut format yang dimilikinya tanpa menyertakan format border (garis bingkai) yang dimiliki oleh sel atau range tersebut.
• Transpose, pilihan untuk menyalin sel dengan memutar kolom menjadi baris dan sebaliknya.
• Paste link, pilihan untuk menyalin sel dengan membuat relasi antara data yang disalin dengan hasil yang disalin
• Paste special, menyalin sel dengan beberapa pilihan tertentu.
Adapun pilihan-pilihan yang terdapat pada kotak dialog paste special adalah sebagai berikut:
1. Bagian Paste
a. All, piihan untuk menyalin isi sel atau range berikut format yang dimilikinya.
b. Formulas, pilihan yang menyalin hanya rumus sel seperti yang tertulis pada bagian formula bar
c. Values, pilihan untuk menyalin hanya nilai hasil dari suatu perhitungan rumus dari suatu sel atau range
d. Formats, pilihan untuk menyalin hanya format yang dimiliki suatu sel atau range
e. Comments, pilihan untuk menyalin hanya komentar yang dimiliki suatu sel atau range.
f. Validation, pilihan untuk menyalin hanya aturan validasi data yang dimiliki suatu sel atau range
g. All except borders, pilihan untuk menyalin semua isi sel berikut format yang dimilikinya, tetapi tanpa menyertakan format border.
h. Column widh, menyalin hanya lebar kolomnya saja.
i. Formulas and Number Format, pilihan untuk menyalin rumus dan format
j. Values and Number Format, pilihan untuk menyalin nilai sekaligus formatnya.
2. Bagian Operasional
a. None, untuk menyatakan proses penyalinan tanpa melakukan operasional matematika
b. Add, untuk menyatakan proses penyalinan yang disertai dengan operasi penjumlahan data angka dalam sel atau range
c. Substact, untuk menyatakan proses penyalinan yang disertai dengan operasi pengurangan data angka dalam sel atau range.
d. Multiply, untuk menyatakan proses penyalinan yang disertai dengan operasi perkalian data angka dalam sel atau range.
e. Divide, untuk menyatakan proses penyalinan yang disertai dengan opoerasi pembagian data angka dalam sel atau range.
MACAM-MACAM FUNGSI TOMBOL Ctrl
MACAM-MACAM FUNGSI TOMBOL Ctrl
1. Ctrl + A = untuk mengeblok semua teks (select All)
2. Ctrl + S = untuk menyimpan document (Save)
3. Ctrl + B = untuk menebalkan tulisan (bold)
4. Ctrl + I = untuk mencetak miring teks
5. Ctrl + U = untuk menggarisbawahi (underline)
6. Ctrl + D = untuk memilih bentuk huruf (font)
7. Ctrl + L = untuk rata kiri pada paragraf (left)
8. Ctrl + E = untuk rata tengah pada paragraf (centre)
9. Ctrl + R = untuk rata kanan pada paragraf (right)
10. Ctrl + J = untuk rata kanan kiri pada paragraf (justify)
11. Ctrl + P = untuk mencetak document (print)
12. Ctrl + X = untuk memindah atau memotong (cut)
13. Ctrl + C = untuk menyalin atau copy
14. Ctrl + V = untuk menampilkan yang mau dipindah/cut atau yang mau
Disalin/copy. (paste)
15. Ctrl + K = untuk masuk ke hyperlink
16. Ctrl + M = untuk menggeser teks ke kanan
17. Ctrl + N = untuk membuat dokumen baru
18. Ctrl + Q = untuk menggeser teks ke kiri
19. Ctrl + O = untuk membuka document yang tersimpan (open)
20. Ctrl + W = untuk menutup document yang sedang aktif (close)
21. Ctrl + Y = untuk melakukan kembali atau kembali sesudah melakukan
sesuatu (redo)
22. Ctrl + Z = untuk tidak bekerja atau kembali ke sebelum melakukan
sesuatu (undo)
23. Ctrl + [ = untuk memperkecil ukuran huruf
24. Ctrl + ] = untuk memperbesar ukuran huruf
25. Ctrl + 1 = untuk mengubah paragraf menjadi 1 spasi
26. Ctrl + 2 = untuk mengubah paragraf menjadi 2 spasi
27. Ctrl + 5 = untuk mengubah paragaraf menjadi 1½ sapasi
28. Ctrl + G = untuk masuk ke halaman, footnote, endnote dll. tertentu (go to)
29. Ctrl + F = untuk mencari kata (find)
30. Ctrl + H = untuk mengganti kata atau kalimat (replace)
FUNGSI TOMBOL SHIFT DAN ALT
1. Shift + F3 = untuk merubah teks dari kecil ke capital atau sebaliknya
2. Alt + F4 = untuk menutup semua program
Cara menyisipkan (insert) Gambar
1. Klik menu insert
2. Klik picture
3. Klik Clip Art untuk gambar yang disediakan Micorosft Word atau
Klik From File untuk gambar yang ada dalam hardisk
4. Klik gambar yang akan disisipkan
5. Klik Insert
Cara menyisipkan symbol
1. Klik lokasi dimana symbol akan dipasang
2. Klik menu insert
3. Klik symbol
4. Klik salah satu symbol yang diinginkan
5. Klik Insert
Cara mengambil halaman baru
1. Klik menu insert
2. Klik break
3. Pilih pilihan yang sesuai misalnya page break (untuk lanjutan) atau next page (jika format halaman mau dirubah)
4. Klik ok
Cara memberi nomor halaman
1. Klik menu insert
2. Klik page number
3. Klik kotak Position untuk menentukan Posisi nomor halaman
- Top of page : nomor halaman posisi di atas
- Bottom of page : nomor halaman posisi di bawah
4. Klik kotak Alignmen untuk menentukan peletakan nomor halaman
- Left : kiri
- Right : kanan
- Centre : Tegang
- Inside : sebelah dalam
- Outside : sebelah luar
5. Klik OK
Cara untuk tidak menampilkan nomor halaman di halaman pertama
1. Klik menu insert
2. Klik Page number
3. Klik atau buang cawang pada kotak Show Number On First Page
4. Klik OK
Cara membuat border and shading (garis tepi dan warna latar)
1. Klik menu format
2. Klik Border and Shading
3. Klik Page Border
4. Pilihlah Garis di kotak Style
5. Pilihlah warna di kotak Color
6. Pilihlah besar garis di kotak width
7. Jika mau menggunakan gambar Pilihlah gambar di kotak Art
8. Klik Option
9. Klik kotak Measure From
10. Klik Text
11. Klik kotak apply to
12. Klik this section-First page only
13. Klik OK
Cara merubah huruf kecil ke kapital
1. Klik menu format
2. Klik Change Case
3. Klik format yang sesuai
4. Klik Ok
1. Ctrl + A = untuk mengeblok semua teks (select All)
2. Ctrl + S = untuk menyimpan document (Save)
3. Ctrl + B = untuk menebalkan tulisan (bold)
4. Ctrl + I = untuk mencetak miring teks
5. Ctrl + U = untuk menggarisbawahi (underline)
6. Ctrl + D = untuk memilih bentuk huruf (font)
7. Ctrl + L = untuk rata kiri pada paragraf (left)
8. Ctrl + E = untuk rata tengah pada paragraf (centre)
9. Ctrl + R = untuk rata kanan pada paragraf (right)
10. Ctrl + J = untuk rata kanan kiri pada paragraf (justify)
11. Ctrl + P = untuk mencetak document (print)
12. Ctrl + X = untuk memindah atau memotong (cut)
13. Ctrl + C = untuk menyalin atau copy
14. Ctrl + V = untuk menampilkan yang mau dipindah/cut atau yang mau
Disalin/copy. (paste)
15. Ctrl + K = untuk masuk ke hyperlink
16. Ctrl + M = untuk menggeser teks ke kanan
17. Ctrl + N = untuk membuat dokumen baru
18. Ctrl + Q = untuk menggeser teks ke kiri
19. Ctrl + O = untuk membuka document yang tersimpan (open)
20. Ctrl + W = untuk menutup document yang sedang aktif (close)
21. Ctrl + Y = untuk melakukan kembali atau kembali sesudah melakukan
sesuatu (redo)
22. Ctrl + Z = untuk tidak bekerja atau kembali ke sebelum melakukan
sesuatu (undo)
23. Ctrl + [ = untuk memperkecil ukuran huruf
24. Ctrl + ] = untuk memperbesar ukuran huruf
25. Ctrl + 1 = untuk mengubah paragraf menjadi 1 spasi
26. Ctrl + 2 = untuk mengubah paragraf menjadi 2 spasi
27. Ctrl + 5 = untuk mengubah paragaraf menjadi 1½ sapasi
28. Ctrl + G = untuk masuk ke halaman, footnote, endnote dll. tertentu (go to)
29. Ctrl + F = untuk mencari kata (find)
30. Ctrl + H = untuk mengganti kata atau kalimat (replace)
FUNGSI TOMBOL SHIFT DAN ALT
1. Shift + F3 = untuk merubah teks dari kecil ke capital atau sebaliknya
2. Alt + F4 = untuk menutup semua program
Cara menyisipkan (insert) Gambar
1. Klik menu insert
2. Klik picture
3. Klik Clip Art untuk gambar yang disediakan Micorosft Word atau
Klik From File untuk gambar yang ada dalam hardisk
4. Klik gambar yang akan disisipkan
5. Klik Insert
Cara menyisipkan symbol
1. Klik lokasi dimana symbol akan dipasang
2. Klik menu insert
3. Klik symbol
4. Klik salah satu symbol yang diinginkan
5. Klik Insert
Cara mengambil halaman baru
1. Klik menu insert
2. Klik break
3. Pilih pilihan yang sesuai misalnya page break (untuk lanjutan) atau next page (jika format halaman mau dirubah)
4. Klik ok
Cara memberi nomor halaman
1. Klik menu insert
2. Klik page number
3. Klik kotak Position untuk menentukan Posisi nomor halaman
- Top of page : nomor halaman posisi di atas
- Bottom of page : nomor halaman posisi di bawah
4. Klik kotak Alignmen untuk menentukan peletakan nomor halaman
- Left : kiri
- Right : kanan
- Centre : Tegang
- Inside : sebelah dalam
- Outside : sebelah luar
5. Klik OK
Cara untuk tidak menampilkan nomor halaman di halaman pertama
1. Klik menu insert
2. Klik Page number
3. Klik atau buang cawang pada kotak Show Number On First Page
4. Klik OK
Cara membuat border and shading (garis tepi dan warna latar)
1. Klik menu format
2. Klik Border and Shading
3. Klik Page Border
4. Pilihlah Garis di kotak Style
5. Pilihlah warna di kotak Color
6. Pilihlah besar garis di kotak width
7. Jika mau menggunakan gambar Pilihlah gambar di kotak Art
8. Klik Option
9. Klik kotak Measure From
10. Klik Text
11. Klik kotak apply to
12. Klik this section-First page only
13. Klik OK
Cara merubah huruf kecil ke kapital
1. Klik menu format
2. Klik Change Case
3. Klik format yang sesuai
4. Klik Ok
Langganan:
Postingan (Atom)